ЗареєструватисяЗареєструватися

© 2019–2024 Online Olympiad in Linguistics© 2019–2024 Online Olympiad in Linguistics

Contests

Online Olympiad in Linguistics 2021

Problems & Answers

1. Thai

Dalam bahasa Thai, seseorang bisa dipanggil dengan berbagai cara, di antaranya dengan empat kata berikut:

gae, kun, taan, ter.

Di setiap potongan adegan film di bawah ini, salah satu dari keempat kata tersebut digunakan dalam terjemahan bahasa Thai dari masing-masing film. Untuk beberapa adegan di bawah ini, kata yang digunakan tersebut adalah sebagai berikut:

kun
 

ter
 

taan
 

gae
 

kun
 

ter
 

taan
 

gae
 

ter
 

kun
 

taan
 

gae
 

kun

Soal. Untuk potongan adegan sisanya, pilihlah satu dari empat kata tersebut yang paling mungkin digunakan oleh seorang penutur bahasa Thai. Anda akan mendapatkan nilai penuh jika paling banyak satu dari jawaban Anda berbeda dari kata yang sebenarnya digunakan dalam terjemahan bahasa Thai film tersebut.

(!) Bahasa Thai berada dalam rumpun bahasa Tai-Kadai dan dituturkan oleh 60 juta orang di Thailand.

2. Orowari

Formulir di bawah ini memuat korpus kecil yang dapat digunakan untuk mencari kalimat dalam bahasa Orowari. Ketika sebuah kata dalam bahasa Orowari yang ada di korpus dimasukkan, formulir akan menunjukkan kalimat pertama dalam korpus yang memuat bahasa ini beserta terjemahannya.

Catatan: Korpus ini tidak memuat semua kata dalam bahasa Orowari. Sebagai contoh, meskipun homam dan taparakam merupakan kata yang baku dalam bahasa Orowari, keduanya tidak termuat di dalam korpus.

(a) Terjemahkan ke dalam bahasa Orowari:

(b) Salah satu dari kalimat berbahasa Orowari hasil terjemahan di butir (a) dapat diterjemahkan kembali ke bahasa Indonesia dengan tepat satu cara yang berbeda (ada dua terjemahan yang mungkin). Apakah terjemahan lainnya yang mungkin?

(!) Orowari adalah satu-satunya bahasa yang masih memiliki penutur dalam rumpun bahasa Chapacura. Bahasa ini dituturkan oleh sekitar 2.000 orang yang tinggal di perbatasan Brazil–Bolivia.

3. Bahasa Burung Turki

Formulir di bawah ini dapat digunakan untuk mendengarkan rekaman 10 kata yang disiulkan dalam bahasa burung Turki. Rekaman dapat didengarkan dengan memasukkan angka antara 1 sampai 10 kemudian menekan tombol Enter atau mengeklik tombol di kanan kolom isian. Rekaman juga bisa didengarkan secara berurutan dengan memasukkan angka-angkanya di kolom isian dengan dipisahkan spasi.

Kesepuluh kata yang disiulkan (dalam urutan abjad) adalah sebagai berikut:

bak, biz, dar, geç, git,
kar, kek, saç, sen, siz.

Soal. Cocokkan masing-masing rekaman dengan kata pasangannya:

(!) Bahasa burung Turki adalah variasi bahasa Turki yang disiulkan. Bahasa ini sekarang digunakan oleh sekitar 10.000 orang yang tinggal di daerah pengunungan di Turki.

Huruf ç dalam alfabet Turki dibaca sebagaimana huruf c dalam bahasa Indonesia.

4. Urhobo

Di bawah ini terdapat kata-kata benda dalam bahasa Urhobo yang ejaannya disederhanakan. Dalam soal ini, kata-kata benda tersebut dikelompokkan ke dalam dua grup:

Grup 1

egbede

jarum

erave

hewan, daging

itaba

tembakau

iviri

asap

odibo

pisang

ogba

pahlawan

Grup 2

agogo

lonceng

eni

gajah

erako

anjing

eve

kambing

iribo

lada

ukpe

kasur

Kata-kata benda ini dapat disatukan menjadi frasa dengan menggunakan dua kaidah pembentukan dalam bahasa Urhobo berikut:

  1. A re B bisa diartikan "A-nya B" atau "A milik dari B". Huruf A dapat digantikan kata benda, sedangkan huruf B dapat diganti dengan kata benda atau frasa tipe ini. Contohnya, ukpe re erako re ogba berarti "kasur milik dari anjingnya pahlawan".
  2. ke A ke A bisa diartikan "setiap A". Huruf A dapat diganti dengan kata benda atau frasa tipe 1. Contohnya, ke iviri re itaba ke iviri re itaba berarti "setiap asap tembakau".

Penutur bahasa Urhobo mengucapkan setiap suku kata dengan tingkat intonasi atau nada tertentu yang ditandai dengan bilangan cacah mulai dari 1, 2, 3, 4, .... Formulir di bawah ini akan menunjukkan intonasi kata terakhir dari frasa sepanjang 3 sampai 8 kata yang dimasukkan, jika kata terakhir tersebut berada di grup 1. Sebagai contoh, jika memasukkan eve re iviri, formulir akan menunjukkan bahwa suku kata pertama dari iviri akan diucapkan dengan intonasi tingkat 1, sedangkan suku kata kedua dan ketiga akan diucapkan dengan intonasi tingkat 4.

(a) Pengucapan dari kata-kata grup 1 adalah sebagai berikut:

ègbèdé, èràvè, ítábà, ívìrì, ódìbó, ógbá.

Dengan menggunakan notasi yang sama, tentukan pengucapan dari kata-kata grup 2:

(b) Tentukan intonasi kata terakhir dari setiap frasa berikut:

(!) Bahasa Urhobo berada dalam rumpun bahasa Niger-Kongo. Bahasa ini dituturkan oleh sekitar 2 juta penduduk beretnis Urhobo di Nigeria.

Answer key: hideshow